www.sbobet.com

Profil Peserta Liga Inggris Manchester City

Profil Peserta Liga Inggris Manchester City

Profil Peserta Liga Inggris Manchester City, – Ada dua klub di kota Manchester yang selalu bersaing, yaitu Manchester United dan Manchester City. Kali ini LigaInggris.net akan mengupas tuntas perjalanan sejarah dari Manchester City yang merupakan klub tempat berkumpulnya para fans yang memiliki cinta dan kebencian.

Masih samar-samar terdengar teriakan komentator televisi meneriakkan nama penyerang asal Argentina yang menjebol gawang QPR di menit ke 94. Teriakan “Aguerooooo” tersebut merupakan momen yang akan selalu diingat selamanya oleh para suporter Manchester City dan Manchester United.

Kala itu Manchester biru berhasil “mencuri” gelar Premier League Inggris yang sudah berada dalam jangkauan Manchester United.

Manchester City memang kini telah berubah. Menjelma sebagai salah satu raksasa sepakbola Inggris dan Eropa berkat keuangan berlimpah yang dimiliki pemiliknya yang berasal dari Uni Emirat Arab tersebut. Namun banyak pihak yang “nyinyir” dengan kesuksesan yang mereka peroleh kini, menganggapnya hanya update – an dari Chelsea di bawah kepemilikan taipan minyak asal Rusia, Roman Abramovic.

Mari kita melihat sejarah yang mendalam dari klub yang kata pesaing-pesaingnya merupakan ” Klub tanpa sejarah “

Manchester City seperti yang ada sekarang ini secara resmi dibentuk pada tahun 1880 sebagai klub sepakbola gereja. Adalah seorang pendeta dari gereja St Mark di wilayah West Gorton yang pertama sekali membentuk klub sepakbola ini. Pada awalnya pembentukan ini dibentuk untuk mengantisipasi merebaknya tawuran antar gank dan alcoholisme yang melanda kaum muda di wilayah Manchester dan Inggris.

Bersama dengan William Beastow dan dan Thomas Goodbehere akhirnya klub yang bernama St.Mark ini terbentuk. Pada era-era ini pula lah untuk pertama kalinya nama klub ini disebut-sebut di surat kabar dan harian lokal. Pada bulan Desember 1880 merupakan catatan sejarah yang dapat ditelusuri mengenai pertandingan pertama klub ini yang bertanding melawan Hurst.

Setahun berikutnya, St Marks mengganti namanya menjadi Ardwick AFC. Dari sinilah pertandingan derby pertama antara sesama klub yang mewakili kota Manchester terjadi pada tahun 1889. Saat ini tentu saja dikenal sebagai Manchester United dan Manchester City.

Newton Heath ( cikal bakal Manchester United ) berhasil mengalahkan Ardwick AFC dalam pertandingan amal yang berlangsung pada 26 Februari 1889. Kala itu pertandingan ini berlangsung untuk memberikan bantuan amal akibat terjadinya bencana di perusahaan-perusahaan penggalian batu bara yang memakan banyak korban.

Pertandingan pertama antara kedua tim yang di kemudian hari akan bersaing ini berakhir dengan kedudukan 3 – 2 untuk keunggulan Newton Heath. Pertandingan pertama yang akan menjadi perseteruan intens antara kedua tim ini di kemudian hari.

Di tahun 1892, Ardwick turut terlibat dalam pembentukan divisi dua liga Inggris. Dari sinilah nama Manchester City mulai dipergunakan oleh klub ini yang tepatnya terjadi pada tahun 1894 dengan bintang utamanya saat itu Billy Meredith.

Pemain dan penyerang asal Wales ini bergabung dengan Manchester City pada 1894 dari Norwich Victoria, namun akibat pemasukan yang tidak memadai dari sepakbola, Meredith terpaksa harus kembali bekerja sebagai penggali tambang hingga tahun 1896.

Semenjak bergabung bersama Manchester City, Meredith bermain sebanyak 339 pertandingan dan mencetak 129 gol sebelum akhirnya bergabung dengan tim rival Manchester United dengan free transfer pada tahun 1906.

Kesulitan keuangan kala itu memaksanya untuk menerima pinangan Manchester merah, di mana kala itu Manchester United menawarinya £500 untuk transfer ini. Meredith bermain sebanyak 303 pertandingan bersama United dan 48 pertandingan bersama tim nasional Wales sebelum akhirnya kembali ke City dan menghabiskan karirnya disana. Meredith tak diragukan lagi merupakan salah satu bintang di awal abad 20.

Kembali ke Manchester City, saat itu klub ini berusaha keras untuk menjadi perwakilan dari seluruh kota. Mereka mendapatkan hasil atas kerja kerasnya dan mengalami peningkatan jumlah penonton terutama setelah mereka berhasil gelar tertinggi sepanjang sejarah klub ini, menjadi juara divisi dua Inggris.

Masa-masa indah masih terus menggantungi Manchester City di bulan April 1904. City menjadi klub pertama yang mampu mengangkat trophy Piala FA setelah mengalahkan Bolton Wanderers 1 – 0 di Crystal Palace.

Namun masa-masa sulit kemudian menghampiri klub ini di tahun 1905. Kapten dan bintang utama mereka Meredith dihukum larangan bertanding selama setahun akibat tertangkap tangan berusaha menyuap Aston Villa. Pihak klub yang menolak untuk memberikan uang jaminan terhadap dirinya, Meredith mengambil langkah hukum dengan mengumumkan dirinya hanya mendapatkan bayaran kurang dari £4 per minggu.

Dimasa itu bayaran minimal yang harus didapatkan oleh seorang pemain adalah £4 per minggu, merebaknya kasus ini kemudian memaksa Manchester City untuk menjual pemain-pemain bintangnya. Dari sinilah akhirnya Meredith bergabung bersama Manchester United.

The greatest fear for the football of the future is lest it should degenerate into a mere business”

Masa dan era 1910 merupakan masa-masa kelam di Eropa karena masuk dalam perang dunia I. Sementara era 1920 ditandai dengan isu-isu pendirian stadium untuk Manchester City. Pihak klub memutuskan untuk pindah dari stadium lama mereka setelah mengalami kebakaran hebat. Maine Road yang memiliki kapasitas hingga 80.000 penonton akhirnya menjadi pilihan City. Manchester City menggunakan stadion ini sebagai markas utama hingga tahun 2013.

Dimusim 1925/1926 merupakan musim mengecewakan untuk Manchester City. terdegradasi dari divisi satu dan mengalami kekalahan di partai final Piala FA mewarnai City di musim tersebut. The Citizens menjadi klub asal kota Manchester yang bermain di stadion Wembley namun dihadapan 91.000 penonton, Bolton Wanderers mampu mengalahkan Manchester City dengan skor tipis 1 – 0.

Di musim berikutnya, Manchester City nyaris kembali ke divisi utama, namun Portsmouth mampu menggeser posisi mereka di pertandingan terakhir. Manchester City baru bisa kembali ke divisi satu dimusim 1927/1928, setelah mendominasi divisi dua dengan perolehan poin 59 dari 42 pertandingan. Musim itu City memang bermain hebat dengan mengemas 25 kemenangan dan 9 kali bermain seri.

Di era-era ini, mereka masih berusaha keras untuk menjadi perwakilan dari kota Manchester dan pada saat itu mereka menggunakan lambang dan ikon dari kota Manchester di lambang seragam mereka. Lambang dan crest ini digunakan hingga 70 tahun kedepan mulai dari 1894 hingga 1964.

Tahun 1937 merupakan tahun bersejarah bagi Manchester City. Di musim ini mereka memperoleh gelarnya yang pertama di kompetisi tertinggi sepakbola Inggris. Saat itu memang City sedang berada di masa jaya-jayanya, sekumpulan pemain penuh bakat bermain di tim ini. Barisan penyerangnya bahkan bisa dikatakan yang terbaik kala itu sebut saja salah satunya adalah Peter Doherty.

Setelah masa-masa perang ditahun 1940-an, klub ini akhirnya mengadopsi dan menggunakan crest baru dibawah managemen Allison dan Mercer. Pada saat itu pemain tengah dan rekrutan baru dari Manchester City Colin Bell berhasil menjadi top skor liga Inggris sekaligus mengamankan posisi City di peringkat ke 15.

Namun penampilan Colin Bell belum berakhir sampai disana untuk City, dia memimpin City dalam tiga musim berikutnya dan secara keseluruhan bermain hampir sebanyak 400 pertandingan dan mencetak 117 gol. Kombinasi Bell dengan Francis Lee, penyerang utama Manchester City masa itu termasuk yang paling menakutkan di liga Inggris.

Francis Lee berhasil 5 kali menjadi top skor liga Inggris bersama Manchester City. Beberapa pemain lainnya yang termasuk penting di masa itu adalah Neil Young dan juga legenda Manchester City Mike Summberbee.

Manchester City kemudian berhasil menjadi juara divisi satu Inggris dengan penampilan luar biasa dalam semusim terutama kala bertanding di kandangnya, Maine Road. Mereka mampu beranjak dari peringkat ke 15 musim lalu menjadi tim juara di musim berikutnya berkat raihan 17 kali meraih kemenangan dan 2 draw serta hanya dua kali menelan kekalahan.

Keberhasilan tersebut merupakan kedua kalinya di raih oleh Manchester City hingga kemudian teriakan Agueroooo ditahun 2012. Pada saat itu kredit patut diberikan untuk Tony Book, George Heslop, Glyn Pardoe, Alan Oakes, Tony Coleman dan banyak lagi.

Di musim berikutnya, City mengalami kesulitan di liga dan hanya finish di peringkat ke 13, namun mereka bisa dibilang masih sukses dengan meraih gelar Charity Shield menyusul kesuksesan mereka meraih gelar Piala FA. City mengalahkan Leicester City dalam partai final dihadapan 100.000 penonton yang lahir dari gol Neil Young.

Musim 1969/1970 merupakan musim-musim berikutnya mereka meraih gelar. Gelar juara Piala Liga berhasil diraih untuk pertama kalinya, kala itu mereka menghadapi West Brom di partai puncak yang berlangsung di Wembley. Dalam pertandingan tersebut West Brom unggul cepat lewat Jeff Astle hanya baru 5 menit pertandingan berjalan. Kedudukan 1 – 0 tersebut, baru mampu dibalas oleh pemain defender Mike Doyle yang memaksa pertandingan memasuki babak extra time, dimana di babak perpanjangan waktu ini pemain bernomor 11 Glyn Pardoe mencetak gol kemenangan untuk Manchester City.

Di masa ini pula City merasakan menjadi juara Eropa untuk pertama kalinya dengan merengkuh gelar Piala Cup Winners Cup. The Citizens berhasil menyingkirkan Athletic Bilbao, Lierse, Academica dan Schalke sebelum akhirnya di partai final mengalahkan tim asal Polandia Gornik Zabrze.

Di pertandingan final tersebut, Neil Young mencetak gol di awal-awal pertandingan untuk membawa Manchester City keunggulan 1 – 0. Francis Lee menggandakan keunggulan di babak kedua, sementara Gornik Zabrze hanya mampu mencetak satu gol balasan saja hingga akhir pertandingan.

Dekade berikutnya Manchester City seperti menghadapi musim naik turun di liga Inggris. Piala Liga berikutnya di tahun 1976 berhasil diraih. Namun di dekade 1990-an dan 2000 an sejumlah promosi dan degradasi terus mewarnai perjalanan tim ini. Sementara Manchester United sang rival utama sedang mengalami masa jaya-jayanya di liga Inggris.

Hingga kepindahan ke stadium baru Etihad Stadium masih belum mampu mengangkat performa mereka, setidaknya untuk mampu mengalahkan sang rival utama Manchester United di liga. Di musim 2007/2008 mantan perdana mentri Thailand Thaksin Shinawatra membeli saham mayoritas klub ini dan menunjuk Sven Goran Eriksson sebagai manager utama Manchester City untuk musim 2007/2008.

Namun kegagalan kembali harus di tuai tim ini dan hanya berada di peringkat ke 9 klasemen akhir Premier League. Hasil ini tidak cukup bagus untuk City mengingat pemain-pemain yang didatangkan diawal musim. Sven Goran Ericsson kemudian digantikan oleh Mark Hughes. Selain itu yang patut dicatat pada periode ini adalah isu-isu politik di tanah airnya Thailand, memaksa Shinawatra untuk menjual saham mayoritasnya di klub kepada Abu Dhabi United Group.

Abu Dhabi United Group memberikan dana yang seolah tanpa batas kepada Manchester City untuk membangun skuad utamanya. Vincent Kompany mulai bergabung di musim 2008/2009 namun pemain yang paling menyita perhatian kala itu adalah pemain Brazil Robinho yang kedatangannya kala itu memecahkan rekor transfer liga Inggris.

Ronaldo dan Kaka, kala itu juga dikait-kaitkan dengan Manchester City, yang kala itu dikabarkan akan memberikan bayaran wah senilai £500,000 per minggunya. Musim berikutnya belanja Manchester City masih terus berlanjut dengan mendatangkan Carlos Tevez, Emmanuel Adebayor, Gareth Barry, dan Kolo Toure.

Namun di akhir musim, Manchester City masih belum mampu mendapatkan gelar liga Inggris yang di inginkan oleh dewan direksi. Hasil tersebut memaksa Mark Hughes dipecat dari posisinya dan digantikan oleh pelatih asal Italia, Roberto Mancini.

Di masa Roberto Mancini, sejumlah pemain-pemain kembali didatangkan yaitu David Silva, Yaya Toure, James Milner, dan Aleksandar Kolarov. Seluruhnya merupakan pemain-pemain yang berpotensi dan menjadi kunci permainan City ke beberapa tahun mendatang.

Peringkat ke tiga di liga diakhir musim menunjukkan mereka sudah semakin dekat dengan gelar juara. Dan akhirnya Mancini berhasil mempersembahkan gelar juara pertamanya untuk City yaitu Piala FA. Di babak final Manchester City mengalahkan Stoke City lewat sepasang gol dari Yaya Toure dan Mario Balotelli. Di musim panas menjelang bergulirnya kompetisi liga Inggris, Sergio Aguero berhasil didatangkan, yang merupakan salah satu transfer paling penting sepanjang sejarah Manchester City.

Musim 2011/2012, merupakan tahun berjayanya kembali Manchester City di sepakbola Inggris. 28 kemenangan dari 38 pertandingan, 93 gol berhasil di lesakkan sepanjang musim, 30 diantaranya dari seorang Sergio Aguero. Manchester City berhasil menjadi juara liga Inggris, yang pertama di era Premier League.

Dalam perjalanannya mereka meraih 6 kemenangan dari 6 pertandingan dari bulan April hingga akhir musim. Diantaranya meraih kemenangan atas rival utama Manchester United lewat gol Vincent Kompany, namun adalah pertandingan di pekan terakhir yang memberikan kenangan terbaik.

City membutuhkan kemenangan melawan QPR dan gol dari Zabaleta membuat segalanya terlihat mudah. Namun Djibril Cisse berhasil mencetak gol penyama, Joey Barton terkena kartu merah dari wasit sehingga Manchester City memiliki keuntungan 11 melawan 10 pemain QPR. Namun gol yang ditunggu-tunggu tak kunjung tiba. Bahkan City dikejutkan kembali oleh gol tim tamu lewat Jamie Mackie, seluruh dunia sudah menduga gelar juara akan terbang ke Manchester United.

Namun di menit ke 92 injury time Edin Dzeko mampu menyamakan kedudukan menjadi 2 – 2. Masih belum cukup untuk City karena mereka butuh kemenangan untuk mendapatkan gelar juara liga Inggris. Babak injury time telah memasuki menit ke 96, bola mengarah ke Mario Balotelli yang mengumpannya ke Sergio Aguero dan Aguerooooo teriakan legendaris dari komentator televisi tersebut akhirnya mewarnai seluruh televisi.

Etihad meledak dalam euforia para pendukung City, hasil akhir Manchester City 3 – 2 QPR, City menjadi juara.

Namun selepas itu segalanya berjalan tidak mudah. Manuel Pellegrini menggantikan posisi Roberto Mancini yang didepak tahun 2013 setelah kegagalannya meraih gelar. Bersama Pellegrini, City meraih Piala Liga dan di musim gelar juara liga Inggris kembali direngkuh. Namun musim berikutnya kembali nihil gelar.

Target kemudian dialihkan dengan menjuarai gelar juara di tingkat regional, Liga Champions untuk lebih meningkatkan nama dan merek mereka di kalangan para suporter. Gebrakan-gebrakan telah dilakukan oleh Manchester City diantaranya dengan membuka beberapa sekolah-sekolah sepakbola di berbagai negara di dunia.

Tujuannya cuma satu demi mendapatkan berbagai bakat-bakat bertalenta tinggi di masa-masa mendatang. Dan di musim 2015/2016 sudah dipastikan pula Manchester City hanya akan mendapatkan Piala Liga, dan dimusim ini pula menjadi musim terakhir Manuel Pellegrini. Posisinya di musim 2016/2017 akan digantikan oleh Pep Guardiola.

Dari sejarah diatas, Manchester biru jelas bukan hanya sekedar tetangga yang berisik, seperti yang di ungkapkan oleh Sir Alex Ferguson, pelatih tersukses dari Manchester United. Namun kini mereka telah menjelma menjadi salah satu kekuatan sepakbola di tanah Inggris.

Sumber :

  • To read more about their early days, Gary James has written: Manchester City: The Complete Record 1880-2006. Chris Murray also has written: Attitude Blue: Manchester City F.C. and P.L.C.
  • Manchester Courier and Lancashire General Advertiser, Tuesday 21 December 1880, p. 3. Accessed via: http://www.britishnewspaperarchive.co.uk/
  • Manchester Courier and Lancashire General Advertiser, Wednesday 27 February 1889, p. 7. Accessed via: http://www.britishnewspaperarchive.co.uk/.
  • The County Gentleman: Sporting Gazette, Agricultural Journal, and “The Man about Town” (London, England), Saturday, September 23, 1893.
  • Read the brilliant book about this key era in the club’s history: James Lowton, Forever Boys (London: Wisden Sports Writing, 2015).
  • Read more about the goings on at the club: Craig Bellamy, Goodfella (Liverpool, Trinity Mirror Sports Media, 2013), p. 308-309.
  • Dan ucapan terimakasih sebesar-besarnya untuk thefootballhistoryboys
Silakan daftar untuk memasang taruhan bola Liga Inggris, Dengan anda bergabung bersama Indoklik88 yang merupakan agen resmi SBOBET di Indonesia. Maka anda akan mendapatkan akun ID secara gratis serta mendapatkan bonus dari game yang pertama kali anda mainkan.

ID Akun resmi ini sudah support dengan bank lokal seperti BCA, BNI, BRI, atau Mandiri sehingga dengan minimal deposit Rp 50.000,- dan minimal taruhan adalah Rp. 25.000, anda sudah dapat bermain - Jadi, Langsung saja anda melakukan registrasi akun SBOBET, Maxbet, atau 368bet di bawah ini!

Silahkan hubungi Customer service jika ada pertanyaan atau panduan teksnis lainnya
SMS : +855-77976536
BBM : 2B42F147
WhatsApp : +855-77976536
ID Wechat: indoklik88
ID line: indoklik88

About

daftar cf88id daftar s1288 agen judi tembak ikan game judi tembak ikan daftar maxbet poker online uang asli Cara Daftar SBOBET Casino 338a link maxbet link sbobet cara buat akun sbobet daftar spade77 cara daftar ion777 cara register id akun maxbet sbobet mobile login ion casino daftar maxbet cara registrasi id sbobet daftar pokerplace88 domino online daftar game tembak ikan android s128 sabung ayam online s128 cara download poker android